Posted in Kesehatan

Pertimbangkan Hal-hal Ini ketika Memilih Asuransi Kesehatan

Terserang penyakit dan mendapatkan perawatan inap di rumah sakit merupakan dua masalah besar yang mau tidak mau membuat orang-orang harus mengeluarkan banyak uang. Bayangkan bila orang yang terkena musibah ini berasal dari kalangan ekonomi ke bawah yang notabene memiliki dana yang sangat terbatas. Memang saat ini sudah ada BPJS kesehatan untuk masyarakat tapi sejumlah orang tidak mendapatkan bantuan ini atau tidak puas dengan pelayanan yang diberikan karena tidak maksimal. Otomatis mereka pada akhirnya memilih pengobatan umum yang membuat mereka menghabiskan sejumlah uang. Apabila Anda tidak ingin mengalami hal ini, sangat disarankan untuk memiliki polis asuransi kesehatan yang dapat memberikan proteksi terhadap biaya rumah sakit yang dibebankan ketika harus mendapatkan perawatan medis.

Apakah Anda tertarik untuk membeli polis asuransi kesehatan? Jika iya, hati-hati jangan salah pilih dan pertimbangkan juga hal-hal di bawah ini:

Rumah sakit rekanan

Hal yang satu ini jarang sekali menjadi perhatian calon nasabah karena menganggap bahwa perusahaan asuransi kesehatan sudah bekerjasama dengan seluruh rumah sakit di Indonesia. Anggapan ini jelas salah besar karena setiap perusahaan asuransi memiliki cakupan rumah sakit rekanan atau hanya bekerjasama dengan rumah sakit tertentu saja. Pada umumnya, untuk mengetahui rekanan rumah sakit dari perusahaan asuransi bisa dilihat dari kantor cabang asuransi di daerah Anda. Bila tidak ada, besar kemungkinan rekanan rumah sakit hanya berada di sekitaran kantor pusat asuransi saja. Sebagai contoh, bila Anda berada di Sumatera Selatan, sedangkan kantor pusat asuransinya berada di Jakarta, kemungkinan besar rumah sakit yang diajak bekerjasama hanya seputaran kawasan Jabodetabek saja. Di luar dari situ, Anda harus keluar biaya sendiri. Untuk itu, cek dan ketahui rumah sakit rekanan dari perusahaan asuransi kesehatan yang mau dipilih.

Premi per tahun

Setiap perusahaan asuransi kesehatan menetapkan premi yang berbeda-beda, tergantung pada jenis peserta (individu, pasangan, atau perusahaan), umur, dan anak (khusus untuk jenis peserta pasangan). Beberapa asuransi menawarkan premi yang murah mulai dari 30 ribuan rupiah per bulan atau 300 ribuan rupiah per tahun. Anda bisa mempertimbangkan perusahaan yang menawarkan premi murah ini bila dana yang Anda miliki terbatas. Namun, bila Anda berpenghasilan besar per bulannya, tak salah bila memilih perusahaan asuransi dengan jumlah premi jutaan rupiah per tahunnya. Mengapa demikian? Jumlah premi yang dibayar berpengaruh besar terhadap besarnya uang ganti rugi atau santunan yang didapat nantinya. Sebagai contoh, bila premi yang harus dibayar per tahun sekitar 3 juta rupiah lebih, Anda bisa mendapatkan biaya rawat bedah sekitar 300 juta rupiah. Sedangkan untuk premi dengan jumlah 300 ribuan rupiah per tahun, biaya rawat bedahnya hanya sekitar 30 juta rupiah.

Cakupan perlindungan

Setiap perusahaan asuransi menawarkan cakupan perlindungan yang berbeda-beda. Pada umumnya, cakupan perlindungan asuransi kesehatan meliputi rawat jalan, rawat inap, rawat bedah, dan perawatan tidak terbatas. Sangat disarankan untuk memilih perusahaan asuransi yang memiliki cakupan perlindungan yang lengkap agar ketika terkena penyakit dan membutuhkan perawatan medis yang maksimal, Anda bisa memperoleh ketenangan jiwa dan raga karena semua biayanya sudah di-cover oleh perusahaan asuransi. Sebaliknya, bila perlindungan yang diberikan sifatnya terbatas, besar kemungkinan bahwa Anda masih akan keluar biaya sendiri walaupun sudah memegang polis askes.

Mudah-mudahan dengan mempertimbangkan ketiga hal di atas, Anda tak salah pilih health insurance, oke!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *